Hook Book Look Took

Bahan mengajar Sekolah Minggu (Sunday School Lesson Plan) di blog ini adalah dokumentasi untuk mengajar anak usia 11-12 tahun (Primary 5&6).

Semua bahan diadaptasi dari buku Gospel Light (US) yang digunakan sebagai acuan kurikulum di gereja kami, yang disesuaikan dengan kondisi anak dan budaya kami, gereja berbahasa Indonesia di Singapura.

Hook Book Look Took (HBLT) ialah metoda mengajar di kelas yang digunakan di kelas kami, dengan penjelasan sebagai berikut:

HOOK (3-5mins) Bagian penarik perhatian anak (anak kelas 5-6 kebanyakan sudah sangat familiar dengan cerita-cerita Alkitab). Hook ini bisa berupa ilustrasi, pertanyaan menggelitik, mini games, yang akan mengawali bagian pembacaan Alkitab (Book). Ilustrasi ini apabila dibuat satu tema dengan Took, sehingga akan ada benang merah dari awal hingga akhir lesson plan. (Contoh: Hook menggunakan koin, bagian Took anak-anak membuat aktivitas juga menggunakan koin). Ini membantu anak mengingat cerita
BOOK (5mins) Pembacaan dan pendalaman Alkitab sesuai fokus hari ini
LOOK (5+mins) Fokus tersebut diaplikasikan dengan kehidupan adik-adik di masa kini, bisa berupa kisah kesaksian, atau tokoh-tokoh iman masa kini, diskusi, atau refleksi.
TOOK (3+mins) Adalah bagian kesimpulan, pengingat untuk dibawa anak pulang (takeaway lesson). Bisa berupa akronim, lagu tekad, kegiatan art&craft, tidak ketinggalan ayat hafalan. Semuanya ini bertujuan anak bertekad, berkomitmen, dan adanya perubahan sikap.

Catatan:
- Bahan mengajar ini saya mencoba tuliskan secara dwibahasa. Dalam kelas persiapan mengajar saya kebanyakan menuliskan Lesson Plan dalam bahasa Inggris, karena lebih mudah saat mengadaptasi dari buku kurikulum. Namun saya berusaha menerjemahkan secara bertahap bahannya ke dalam bahasa Indonesia.

- Anak dapat menangkap lebih banyak saat belajar ketika banyak indera yang digunakan (tidak hanya pasif mendengar cerita), saya berusaha membuat bahan mengajar yang menyasar banyak indera juga melibatkan emosi.

Awalnya blog ini untuk mempermudah share kepada orangtua, karena kami diwajibkan membagi bahan pengajaran setelah selesai mengajar. Namun seperti saya mendapatkan banyak inspirasi dari internet, sungguh indah apabila saya bisa berbagi sekedar ide, sekecil apapun. Soli Deo Gloria.

Comments

Popular Posts